Mungkin Anda tidak tahu, tapi ada cara untuk mendakinya Morro da Urca, di Rio de Janeiro, – tempat yang sama di mana kereta gantung Parque Bondinho tiba – tanpa membayar apa pun. Jalurnya melalui jalan setapak menuju puncak, banyak anak tangganya. Tipnya datang dari seorang teman dari Rio, yang saya dan ibu saya putuskan untuk ambil.

Anda dapat mendaki Morro da Urca tanpa membayar apa pun melalui jalur setapak

Foto: Davi Costa/Unsplash / Perjalanan dan Pariwisata

Rute dimulai pukul Lintasan Cláudio Coutinho, yang pintu masuknya tepat di ujung Pantai Merah. Aksesnya sangat mudah ditemukan dan buka mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore. Lintasan ini dibuat hanya untuk berjalan dan berlari – bersepeda, sepatu roda, atau skuter tidak diperbolehkan. Bentangan ini mengelilingi Morro da Urca dan panjangnya 1,5 km. Tempatnya menyenangkan, dengan sedikit perbedaan ketinggian dan pemandangan menawan – dengan laut di sebelah kanan dan pepohonan di sebelah kiri.

Perjalanan dimulai di Pista Cláudio Coutinho yang tenang

Foto: Malu Jansen/Arsip Pribadi / Perjalanan dan Pariwisata

Jalur menuju puncak Morro da Urca berada di sebelah kiri, dimana terdapat tanda awal perjalanan dan beberapa peraturan yang pada umumnya menyangkut akal sehat, seperti tidak meninggalkan sampah di jalan setapak dan mengikuti jalan setapak. jalur yang ditandai. Selain itu, pihak taman nasional meminta kelompok lebih dari 30 orang untuk membuat janji temu melalui email [email protected], karena dampak lingkungan dari kelompok yang lebih besar.

Seperti apa pendakiannya?

Perlu diperhatikan jam buka Trilha do Morro da Urca yang tidak sama dengan Pista karena jam buka Parque Bondinho. Dari Senin sampai Kamis, jalur buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dan, dari hari Jumat sampai Minggu, jam buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Penting: ambil sebotol air dan obat nyamuk – Anda hanya bisa membelinya di sana, di ujung jalan.

Salah satu masalah yang mungkin menjadi perhatian calon pendaki adalah keselamatan, karena jalurnya sering kali sepi. Keunggulan Pista Cláudio Coutinho dan jalur menuju Morro da Urca adalah berada dalam kawasan militer, sehingga di dekatnya terdapat Sekolah Staf Umum dan Komando Angkatan Darat, Institut Teknik Militer, Klub Militar Círculo dan Angkatan Laut Unggul Escola. Tepat di pintu masuk Pista Cláudio Coutinho, ada dua petugas polisi yang mengawasi pintu masuk, yang memberi saya rasa lebih aman. Hari kami mendaki adalah hari Jumat dan kami bertemu sangat sedikit orang di sepanjang jalan. Meskipun saya merasa aman, saya akan menghindari melakukan perjalanan sendirian.

Jangan khawatir, ini hanyalah permulaan dari perjalanan!

Foto: Malu Jansen/Arsip Pribadi / Perjalanan dan Pariwisata

Jalur menuju Morro da Urca sekitar 900 meter dan waktu yang kami perlukan 40 menit, karena praktis hanya menanjak. Untungnya tidak perlu mendaki, seperti di Pedra da Gávea, karena sebagian besar pendakian dilakukan melalui tangga. Hampir semua bagian memiliki pegangan tangan atau tali untuk membantu pendakian. Tipsnya adalah dengan berjalan perlahan, tarik nafas melalui hidung dan buang nafas melalui mulut, selain itu juga berhenti untuk istirahat – setiap lima menit sekali kita berhenti untuk mengatur nafas dan meneguk air untuk melanjutkan pendakian.

Tidak ada pemandangan sepanjang perjalanan, yang hanya dikelilingi hutan. Namun, jika Anda beruntung, Anda mungkin akan menemukan beberapa monyet dan tamarin di sepanjang rute – hal tersebut tidak terjadi pada kami. Ada juga beberapa spesies pohon langka, seperti kayu brazil.

Kedatangan

Setelah sekitar tiga puluh menit, kami tiba di sudut pandang pertama, yaitu di dek menghadap Praia da Urca yang kecil (dan menawan). Kemudian, beberapa menit lagi akan membawa Anda ke pintu masuk Parque Bondinho, yang merupakan pemberhentian pertama kereta gantung.

Praia da Urca kecil dilihat dari atas

Foto: Malu Jansen/Arsip Pribadi / Perjalanan dan Pariwisata

Kami melewati pintu putar (gratis) dan akhirnya sampai di puncak Morro da Urca, dengan seluruh struktur Parque Bondinho, seperti air mancur minum, toko, restoran, snack bar, serta viewpoint dengan panorama alam. Rio Dari puncak kita bisa melihat Corcovado, Christ the Redeemer, Sugarloaf Mountain dan Guanabara Bay. KO yang luar biasa!

Kristus Penebus di latar belakang dilihat dari sudut pandang Parque Bondinho

Ini adalah titik kedatangan kereta gantung dan juga pangkalan untuk melanjutkan tur dan melanjutkan perjalanan ke Gunung Sugarloaf. Harga kereta gantung setidaknya R$150 per orang dewasa dan R$92 untuk anak-anak dan orang tua. Sampai saat itu, saya dan ibu belum mengeluarkan uang sepeser pun.

Dari sana, setelah mengambil foto-foto indah, ada tiga pilihan: membeli kereta gantung yang berangkat dari stasiun Urca ke Pão de Açúcar dan kemudian kembali ke Praia Vermelha (R$ 130 untuk seluruh perjalanan); turun langsung dari Morro da Urca ke Praia Vermelha dengan kereta gantung (R$ 45 untuk seluruh perjalanan); menyusuri jalur yang sama dengan pendakian tanpa membayar apa pun. Kamu bisa membeli tiket di sana dengan menggunakan totem yang sangat mudah digunakan – kerennya kamu bisa melihat tingkat kelelahanmu dan langsung mengambil keputusan.

Kami memilih untuk turun melalui Kereta Gantung, yang memberikan akses tiket ke Praia Vermelha

Foto: Malu Jansen/Arsip Pribadi / Perjalanan dan Pariwisata

Kami memilih untuk naik kereta gantung ke Praia Vermelha, untuk menyelamatkan lutut kami di tangga. Sesampainya di bawah, kami langsung berenang di Praia Vermelha, pahala yang diberikan Rio tidak seperti kota lainnya.

Di akhir tur, ada baiknya Anda berenang di Praia Vermelha

Jalur Morro da Urca

Jalur ini buka dari Senin sampai Kamis dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dan dari hari Jumat sampai Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.